10 cara belajar yang baik

Di posting oleh Joe Rizky pada 01:50 PM, 16-Mar-11

Di: Info & Tips

1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama- nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama loh. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru. Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

85 tanggapan untuk "10 cara belajar yang baik"

Handoko pada 02:28 PM, 16-Mar-11

sip bro.. ngomongin soal belajar atau sinau bhasa Jermannya.. mrgreen jd inget wktu skolah dlu. sering buka bku tp cuma dliatin gmbarnya doank.. hehehe.. mrgreen

Joe Rizky pada 02:33 PM, 16-Mar-11

maka dari itu sob, biar saya belajarnya bener.

Never pada 09:06 PM, 16-Mar-11

Wah, kalo dulu aku suka belajar kelompok tapi yaitu tadi ga jadi belajar malah main... mrgreen

Johanoeman Ketek Putih pada 02:40 PM, 17-Mar-11

Wah,, ingat waktu SMA,, jadi kangen nech masbrow cry
Andai ada mesin waktu hihihihihi mrgreen

Masbrow ijin nitip sekalian ya masbrow

Ayo ngebut di jalan berlumpur dengan graphic 3D di semua ponsel Ber Java..!

Langsung aja kesana +===> rolleyes rolleyes

Http://johan_kp.mywapblog.com/



Joe Rizky pada 05:15 PM, 17-Mar-11

Bisa bwt symbian gx sob?

sakri pada 09:47 AM, 25-Jun-11

waw, lumayan jga tu, tuk kta pelajari
thankyou.........!

RISKA (JENTAK) pada 07:00 PM, 31-Aug-11

WAH makasih yah atas cara-cara belajarnya

HaNnA tHeResIa pada 07:52 PM, 26-Sep-11

aWAL Yg bRu
hRus pEnUh sEmaNgt bRu

riri pada 04:18 AM, 01-Oct-11

semoga membantu tuk belajr yg efektif n akhirnya kita sukses amiin

Catur yulianto pada 08:56 PM, 02-Oct-11

Apakah aku bisa untuk menjadi seseorang yang bisa pintar sad

Emilia safitri pada 07:00 PM, 06-Oct-11

Thanks ya buat tips2'a q jd makin smngat bljar ni...............biggrin:wink

Emilia safitri pada 07:00 PM, 06-Oct-11

Thanks ya buat tips2'a q jd makin smngat bljar ni...............biggrin:wink

nurul intan wahyuni pada 04:41 PM, 07-Oct-11

artikelnya pass... b g t wadd d jdi.n solusi masalah ku,,,
thank's bgt yh...

Joe Rizky pada 06:08 PM, 07-Oct-11

Iya, mungkin bisa membantu anda dalam belajar untuk meraih masa depan yang sukses

andi pada 04:20 PM, 11-Oct-11

thank's atas informasinya yaa

Sinta Ariska imut... pada 07:19 PM, 19-Oct-11

Bro...mkasi bnyak ya,,,atas info belajar yg baik and benar... Dgn bg!ni q jnji akn, mgunkan wktu sbaik munkn,...
Time is money...

sofyan pada 06:56 PM, 25-Oct-11

gomawoyo

rifki rusyad pada 10:27 AM, 26-Oct-11

akan saya cobaa

ika pada 12:08 PM, 28-Oct-11

thank atas infonya....

aprila pada 04:21 PM, 31-Oct-11

thanks buat infonya,
sgt membntuku tuk bljr...

.. pada 05:17 AM, 04-Nov-11

thank atas infonya wink

Nick pada 09:24 AM, 06-Nov-11

Mau coba ah...

Piadola pada 10:06 AM, 14-Nov-11

Heemmm....bgus bngeett,q cba ah cra bljarx,mdah2 dgn q cba cra x q bsa dpt Ipk Yg baek.. Hihihi
thanks

ayha pada 05:47 PM, 20-Nov-11

tdk ad kata tlambat buat blajar,mdah2 an aq bisa mdapatkan prestasi yang baik ,stelah mbaca tips2 in.

thanks tips nya sangat bagus

milyani pada 05:07 AM, 03-Dec-11

makci ataz tips na, mumpung mendkati UAS ne
Mga ae aku bsa memhmi cmua materi pel smile

milyani.- pada 05:12 AM, 03-Dec-11

makasi atz tips" na.
Mumpung hampir UAS
Mga ae dgan tipz na q bsa sukses
AMIEENND ;D

Nhie pada 09:59 AM, 07-Dec-11

Setelah membacanya
Saya jd tau byk hal ttg belajar yg baik,

Makasih,

Febri synyster gatez pada 06:55 PM, 14-Dec-11

Boleh juga infonya,tapi tampaknya sm aja buat gue,kadang ada perasaan malez klo belajar...

Nia pada 10:06 AM, 21-Dec-11

Sipp dh info'a tapi yg susah tuh ketika d.praktekan,hehe apalagi berfifir ala ilmuwan!

Lilis cynk lukman sar pada 08:03 PM, 21-Dec-11

Kak, ,
makasih y, dah mmbrikan tipz" yg baek dlm bljr? Mg dgn tipz ne q bs meraih cta'' q? N q bs mjd sswa teladan d'skull?

AAMMIIIEENNNDDD ;p

Nur Anissyah .. pada 09:15 PM, 22-Dec-11

E .. ia seh,keliatan y enak jga,kalo di coba.tapi,inget,g,yah,bwat meraktekin y,orang aku mah pelupa, hehehe biggrin

rizky imUt pada 06:37 PM, 25-Dec-11

wAH jAdi nYman tUch klAw bElajAr mAkasIh eAch,,,,,,,,,,,

rizky imUt pada 06:41 PM, 25-Dec-11

wAh jADI asik Nich kLau bLajar, mkaswIh eA udAh nGasih mASukAn ,,,,,,he he he

Agnes pada 02:34 AM, 01-Jan-12

Akan saya cobawink

syilv pada 05:30 PM, 05-Jan-12

thanks iia

aji pada 04:57 PM, 09-Jan-12

trimakasih smile

innayah oktarina pada 07:48 PM, 13-Jan-12

sip , bagus de smile

Naycko Chudhadhiri pada 02:19 PM, 18-Jan-12

oc dh,,q kn coba bljr mellui tips tersbut..

laura pada 02:53 PM, 19-Jan-12

ini ni yg qu cri"
Thx

nibe pada 05:06 PM, 20-Jan-12

mkch ya
ntar langsung aq coba tipsnya

kanker serviks pada 07:32 AM, 03-Feb-12

makasih atas ilmunya sangat bermanfaat sekal;i bagi sya

Uhkty fauzyah pada 06:51 PM, 15-Feb-12

Ia deeh aku akan nerapin blajar kyak ginii..
Semangat...
Makasih ya kak joe blognya berarti bangettt smile

Taufiq pada 06:07 PM, 20-Feb-12

Manfaat bgt tipsny !
Bgus blognya gan !

Nenk Ika Thea sHe Gadiz Leo pada 03:15 AM, 20-Mar-12

artikeL yNg bguz,v kLo aq motivasi wat
bLajr tHu kurNg,bNyk maLz'y.paLing bLajr pda sa'At" trtNtu.
gmNa NgiLangiN yNg NmA'y maLz tHu y,????

fahri pada 09:57 PM, 02-Apr-12

sip...idea

fiqih.. pada 09:50 PM, 05-Apr-12

Mumpung UAS... aq coba Tips nya dehh.. smile

Lihing paling imuetsedunia pada 05:45 PM, 24-Apr-12

terima kasih banyak atas tipsnya.............
aq sekarang tau belajar yang baik

Joe Rizky pada 06:15 PM, 24-Apr-12

oh ya semua, semoga info yang saya bagikan bisa di terapkan dan bermanfaat

raka pada 06:39 PM, 29-Apr-12

thx ea watt inform'a
wink

Jeremia agum pada 07:43 PM, 05-May-12

Makasih karena tlh membuat 10 cara belajar yg baik makasih kak

Kiki riski pada 01:48 PM, 18-May-12

Mksh ya kak ats tips2 bljr nya,smg aku bs ya kak,do'a in ya kak smg aku sukses...thak you very much?

Danny pada 03:04 PM, 29-May-12

Kalau belajar di internet bgs gak ya? idea

Reski pada 03:21 PM, 29-May-12

mksih infox...
akn aku coba smile

dewii campeurniik pada 08:27 AM, 01-Jun-12

mencoba untk di terapkan kmbli..

merry pada 06:24 PM, 01-Jun-12

..'bagus banget tipsnya moga"bsa bwat kita sukses tuk menggapai cita"kita

Mazaya Denta Athatsaniya_0145 pada 09:17 PM, 11-Jun-12

Mksh ya....atasa infonya ini,kayaknya akan bermanfaat deh buat aku.....biar bisa dapet nilai bagus.....insyaallah aku akan mencoba deh.........ok...

Muh aswar pada 08:37 AM, 16-Jun-12

Makasiyach atas infonya

hesty pada 07:40 PM, 12-Jul-12

thank you very much ,,,,,
atas informasi smile smile smile smile smile smile smile smile

NING pada 08:26 PM, 12-Jul-12

trims.. tuk infony,

Deny pada 07:28 PM, 19-Jul-12

Curhat dikit ya ..
Waktu saya SMP (sekarang sudah SMA), sering sekali guru mendikte tulisan2 yang ada di buku, hampir semuanya didikte dan dicatat kembali dalam buku tulis. Khususnya pelajaran seni budaya, karena banyak sekali materi2nya. Nah pertanyaan saya, bagaimana cara menghapal materi sebanyak itu? Terkadang 1 semester bisa sampai 1 buku atau lebih. Jika menggunakan kata kunci juga sulit, karena saking banyaknya kata kunci, dan pertanyaan2 yang diberikan oleh guru juga kadang harus mendetails sehingga sangat susah untuk menghapalnya.

Joe Rizky pada 09:50 PM, 24-Jul-12

kalo udah sma itu ga ada materi menghapal, adanya memahami konsep, inti dasar dari materi yang dsampaikan guru, selanjutnya kita kembangkan sendiri. .

xx pada 07:57 PM, 07-Aug-12

gue mau belajar tp gua gatau apa yang mesti gua pelajarin itu yang bikin gue gamau belajar

Ahmad pada 09:10 PM, 26-Aug-12

Bb. bner bnget

Ahmad pada 09:13 PM, 26-Aug-12

Bb. bner bnget

laily pada 12:44 PM, 02-Sep-12

mksh ea tips nya...

vietha pada 07:40 PM, 06-Sep-12

saatnya blang "WOW" mksh atas tips nya eah jd semgat bljr nih jd ke inget pgn jd akuntan publik byar bnyk duit mski kdang pusiing gxt bsa ngerjin tugas

zz pada 04:29 PM, 22-Sep-12

hatur thank you

ahmad hanafi pada 08:17 AM, 24-Sep-12

terima kasih atas saran sarannya.

surya listiana pada 10:49 PM, 05-Oct-12

terima kasih atas infonya semoga berguna buat anakku jg yg membcya amin

Sucii M.A.liik pada 11:51 AM, 07-Oct-12

makasii min
jadii tau cara belajar yang baekkk smile

ghalieh pada 02:12 PM, 08-Oct-12

thanks buat tipsnya..
insyaAllah nanti berguna.................

Widia pada 06:34 PM, 10-Oct-12

Ma ksih ya kak aq akn melukn cra yg kk berikn. Mhon dukungan nya kk thank's somuch

aini sura pada 01:50 PM, 16-Oct-12

terimakasih ya atas tips belajarnya

Ely pada 06:40 PM, 18-Oct-12

Bgs bngt tipsx. .thanks ea.
Akn aq buktikan kl0 aq bsa juara klas

samuel ginting clalu ada pada 11:08 PM, 22-Oct-12

tx ya ats tipsnya!!!!!!!!!!!!!!!!

minto 09 pada 12:05 PM, 27-Oct-12


mantap bangat tipsnya
semangat 45 tuk anak muda indonesia

Lina pada 04:34 PM, 03-Nov-12

Kenapa pas waktu sya bljr itu sring mkrn yg gak"

rudiyanto genusx pada 01:50 PM, 06-Nov-12

thank .Ad betulnya gunakn waktu utk beljr.ehheh

Herbvd pada 06:00 PM, 19-Nov-12

mantab gan, mampir dong ke blog saya hehe
Herbvd-rebel.heck.in

della imoet pada 05:03 PM, 11-Dec-12

makasih yach untuk tipsnya

chie vebby pada 09:56 AM, 14-Dec-12

hhhmmm dari tips ne bsa deh ntk bljr yg lbh semangt.... wink

Triyo Akbar pada 09:15 PM, 21-Dec-12

curhat broww,mungkin q nak yg paling mls di kls.tugas,pr,dll sering gk ngerjain sukanya nyontek ja di kls. Sering kali temen ngingetin belajar tpi gk q laksanakan. Sebentar lgi kan UN smoga dng tips ni q bisa blajar dng baik n gampang ngerti moga siswa-siswi Indonesia bisa lulus 100% aaamiiin.trm mas browww

Hijrawati pada 02:24 PM, 07-Feb-13

ini merupakan info yang baik buat q, aku akan jadikan ini sebagai majalah dinding di sekolah, supaya ada kemajuan bagi teman2 smp saya,,,,,
doain yach semoga majalah dindingnya bermanfaat bagi kami,,
thanks yach joy,,, tdk apa2 kan aku jadikan majalah dinding?........

novitta atme pada 09:11 AM, 01-Mar-13

terima kasih tips"nya,,,,

hariz nak'nezto pada 07:53 PM, 31-Mar-13

makasih ea

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar